Teknologi Informasi pada Pizza Hut

Hallo! Postingan kali ini saya akan membahas tentang analisis tekanan bisnis dan penerapan teknologi informasi pada pizza hut. Tulisan saya kali ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah New Digitas Economy. Selamat Membaca..Semoga bermanfaat

images

Seiring perkembangan zaman dan peningkatan teknologi informasi serta persaingan yang semakin ketat antar perusahaan, maka dibutuhkan adanya fasilitas yang mendukung keberlangsungan usaha tersebut. Salah satu fasilitas untuk membantu kinerja perusahaan adalah adanya sebuah sistem informasi. Sistem informasi adalah suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi.

Perusahaan Pizza Hut merupakan salah satu perusahaan di bidang franchise makanan yang membutuhkan sistem informasi, karena perusahaan berusaha meningkatkan penjualan dan seiring dengan semakin berkembangnya gaya hidup konsumen yang lebih menyukai cara praktis delivery order. Maka dibutuhkan sebuah Sistem Informasi Manajemen untuk mengolah data menjadi output informasi yang nantinya akan digunakan untuk membantu sistem pengambilan keputusan dan memudahkan serta mempercepat proses kerja. Melalui sistem informasi ini perusahaan akan terbantu sehingga kegiatan transaksi penjualan akan semakin mudah dan volume penjualan menjadi lebih besar dibandingkan sebelum penggunaan sistem informasi.

Tekanan tekanan bisnis yang muncul pada bidang kuliner, membuat Pizza Hut memanfaatkan teknologi informasi sebagai penggerak dalam berbagai aspek. Beberapa tekanan bisnis yang pada awalnya dihadapi Pizza hut antara lain :

  1. Banyaknya pesaing
  2. Promosi yang harus dilakukan secara besar-besaran namun efektif dan efisien
  3. Lokasi yang harus dicapai konsumen dengan mudah
  4. Menjaga loyalitas pelanggan terhadap brand
  5. Layanan atau Service yang harus terus berinovasi
  6. dsb..

Namun, respon organisasi yang dapat dilakukan untuk menghadapi semua hal diatas dapat dilakukan dengan berbagai inovasi apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi, inovasi-inovasi tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

 Penggunaan sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based Information System) yang digunakan oleh Pizza Hut untuk mendukung keseluruhan kegiatan perusahaan terlihat pada masing-masing bidang yakni:
Menunjang operasi bisnis dalam hal:
• Melayani transaksi penjualan
• Membantu dalam me-record pembelian pelanggan
• Melacak persediaan
• Membayar gaji karyawan
• Pembelian bahan baku
• Mengevaluasi trend penjualan atau sales performance lainnya
• Melalui website-nya (www.pizzahut.com) konsumen dapat mengorder secara online atau mencari restoran Pizza Hut terdekat (dengan fasilitas layanan store finder) dan juga bisa mendapatkan kupon potongan harga secara gratis melalui situs tersebut. Halhal seperti ini dapat menarik pelanggan-pelanggan baru dan menjauhi pelanggan dari restoran kompetitor.
• Melalui sistem informasi, Pizza Hut dapat senantiasa melakukan diferensiasi produk melalui competitive recipes, sehingga dapat selalu melakukan perubahan rasa sesuai dengan perubahan selera pelanggan dan selalu memberikan terobosan baru terhadap terhadap produk-produk Pizza Hut.
• Melalui sistem informasi yang digunakan, maka dapat mempercepat delivery order .Sehingga konsumen dapat langsung merasakan kenikmatan asli dari produk-produk yang ditawarkan oleh Pizza Hut dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama dengan harga yang cukup terjangkau.

Pada Intinya..

Segala tekanan yang muncul ataupun permasalah, dapat ditangani dengan berbagai macam solusi. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, kita dapat dengan mudah mengatasi berbagai permasalahan dengan baik, cepat, dan akurat.

Apabila sistem informasi manajemen dirancang dan dilaksanakan dengan baik, maka akan banyak manfaat yang bisa diperoleh manajemen perusahaan, yaitu mempermudah manajemen dan membantu serta menunjang proses pengambilan keputusan manajemen.

Dalam persaingan yang ketat di bidang makanan cepat saji, Pizza Hut menerapkan keunggualan teknologi informasi yang lebih maju dibandingkan pesaing-pesaingnya. Keunggulan teknologi dan pemasaran yang jitu membuat Pizza Hut selangkah lebih maju dengan melakukan beberapa gebrakan, diantaranya :

  1. Penggunaan internet sebagai media promosi serta pemesanan pizza.
  2. Pertama kali di industri makanan cepat saji untuk sistem pemesanan 24/7. Dengan sistem baru, Pizza Hut rantai pizza pertama untuk menerima pesanan online untuk pengiriman dalam waktu 24 jam sehari. Sistem akan menerima pesanan sampai dua bulan di muka.
  3. Sistem baru ini memungkinkan Pizza Hut untuk menerima pesanan kartu kredit pembayaran, sehingga pelanggan dapat menghindari kewajiban membayar tunai.
  4. Menerapkan sistem untuk memberitahu manager terkait dengan problem yang berpotensi akan terjadi serta terhubung ke kantor pusat untuk memonitor performance dari tiap outlet.

Sekian 🙂

Terimakasih..

References
Company, A. (2015, Januari 21). Retrieved from https://agilbox.wordpress.com/2015/01/21/analisa-sistem-informasi-management-pizza-hut/
Griya, D. (2016, Juni 2). Sistem Informasi Management. Retrieved from http://mysisteminformasimanajemen.blogspot.co.id/
Suhartoyo. (2013, Agustus 17). Retrieved from http://suhartoyo50.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/08/28/sistem-informasi-pada-pizza-hut/

Leave a comment